Rechercher dans ce blog

Senin, 03 Januari 2022

Demi Skipper: Petualangan luar biasa perempuan menukar jepit rambut menjadi rumah melalui barter online - BBC News Indonesia

  • Redacción
  • BBC News Mundo

Demi Skipper

Untuk Demi Skipper, mendapatkan sebuah rumah tinggal dimulai dengan sebatang jepit rambut sederhana.

Perempuan Amerika berusia 30 tahun ini memulai petualangannya pada tahun lalu. Sebuah rumah berhasil didapatkannya melalui metode perdagangan paling kuno dalam sejarah, barter.

Skipper mengaku terinspirasi oleh Kyle MacDonald, seorang blogger Kanada yang memulai proses tukar menukar barang dari penjepit kertas berwarna merah, sampai ia mendapatkan sebuah rumah pada 2006.

Ini juga menjadi tujuan utama Skipper.

Baca juga:

"Bagi saya, ini adalah tantangan. Saya berpikir: 'Apakah saya bisa melakukannya?' Saya sungguh sangat penasaran," ujarnya kepada BBC.

Petualangan ini dimulai pada Mei 2020, saat terjadi pandemi Covid-19, dan Skipper mulai tertarik pada gagasan saling tukar benda yang hasilnya ternyata kerap kali mengejutkan.

Pada pertukaran pertama, Skipper mendapatkan 40 gelas untuk minum margarita.

Setelah itu dia mendapatkan mesin penyedot debu, yang kemudian ditukarkannya dengan sebuah papan salju, yang lalu dibarternya dengan headphone, kemudian sebuah laptop, dan lalu menjadi kamera.

Dalam prosesnya, Skipper juga memperoleh sepasang sepatu merek Nike, sebelum mendapatkan iPhone, lalu truk Dodge Caravan tahun 2008.

Sepatu Nike

Sumber gambar, @TradeMeProject

"Saya lalu mulai mencatat apa saja yang saya tukar, untuk mengingatkan diri sendiri apa saja benda yang saya dapatkan," aku Skipper.

"Tapi pada pertukaran ketiga, orang-orang mulai berkomentar dan tiba-tiba orang mulai mengikuti saya di media sosial, dan saya seperti, 'Wow, orang-orang benar-benar menyukai ini'," jelasnya.

Petualangannya ini menjadi sangat populer di TikTok dan Instagram.

Skipper kemudian beralih ke situs seperti eBay, Facebook, dan Craiglist untuk menemukan pertukaran terbaik.

Total, ia melakukan 28 barter selama 18 bulan.

Pertukaran pertama dilakukan Skipper secara langsung di San Francisco, California. Namun selanjutnya, dia meneruskan proyeknya itu ke seluruh penjuru negeri, dan harus melakukan perjalanan ke seluruh Amerika Serikat.

Dengan membagikan petualangannya di media sosial, Skipper mendulang popularitas, terlebih karena setiap kali, barter yang dilakukannya semakin menantang.

Tapi tujuan Skipper tak pernah berubah, ia ingin mendapatkan sebuah rumah.

Demi Skipper TikTok

Sumber gambar, @trademeproject

Sebuah momen mengecewakan terjadi saat ia mendapatkan mobil Mini Cooper dengan atap terbuka.

Dia menukar mobil tersebut dengan sebuah kalung yang dikiranya berharga sekitar US$20.000, tapi ternyata hanya US$2.000 atau sekitar Rp28 juta.

Dalam perjalanannya, beberapa benda hasil barternya juga harus diperbaiki. Misalnya, ia harus memperbaiki beberapa bagian mobil ke bengkel sebelum ditukar lagi.

Tapi pada akhirnya, tujuan Skipper tercapai. Ia mendapatkan sebuah rumah.

"Sejujurnya, saat saya akan melakukan pertukaran terakhir, saya sangat skeptis. Saya berkata, 'Tidak mungkin ini terjadi'," ujar Skipper pada BBC.

Setelah dua pekan mencari, Skipper berhasil menukarkan kalung dengan sepeda statis Peloton seharga US$1.800.

Sepeda Peleton itu ditukar dengan mobil Mustang, dan pada Desember 2020 Skipper membarternya dengan sebuah kabin kecil di hutan.

Kabin itu lalu ditukar dengan sebuah Honda CRV, lalu tiga buah traktor, yang ditukar lagi dengan kartu anggota gerai makan cepat saji Chipotle untuk makanan gratis selama setahun dan jasa layanan pesta.

Jalan menuju sebuah rumah kemudian terbuka.

Demi Skipper afuera de su casa

Sumber gambar, @trademeproject

Skipper berhasil menukar kartu tersebut dengan sebuah truk trailer dengan baterai Tesla Powerwall seharga US$40.000 (sekitar Rp570 juta), dan akhirnya melakukan barter terakhirnya: trailer ditukar dengan sebuah rumah di dekat Kota Nashville, sekitar 3.000 km dari San Francisco.

"Ada sesuatu yang sangat nyata saat akhirnya saya memegang kunci rumah itu di tangan saya," kenangnya.

"Rasanya tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Saya telah bekerja dengan sangat keras untuk hal ini, dan saya akhirnya mendapatkannya. Jadi, saya akan mengingat ini untuk selamanya."

Video dirinya melihat rumah itu untuk pertama kalinya menjadi yang paling banyak dilihat oleh sekitar lima juta pengikutnya di media sosial.

"Pertukaran ini akan terus berlanjut. Ini melelahkan, tapi ada momen-momen yang sangat penting di sana," jelasnya.

"Seperti seorang ibu yang membutuhkan mobil yang saya tukar, atau orang yang butuh penyedot debu. Ada sesuatu yang sangat istimewa tentang ini semua, lebih dari yang saya sangka, yang membuat saya berpikir, 'Ini tidak bisa berakhir begitu saja'."

Grey line

Adblock test (Why?)


Demi Skipper: Petualangan luar biasa perempuan menukar jepit rambut menjadi rumah melalui barter online - BBC News Indonesia
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BPBD DKI Minta Jangan Dianggap Biasa soal Potensi Gempa Megathrust - detikNews

[unable to retrieve full-text content] BPBD DKI Minta Jangan Dianggap Biasa soal Potensi Gempa Megathrust    detikNews BPBD DKI Minta Jang...