Rechercher dans ce blog

Selasa, 17 Januari 2023

Timeline Komite Pemilihan Sebelum Kongres Luar Biasa PSSI - detikSport

Jakarta -

Komite Pemilihan (KP) telah menyusun timeline berbagai tahapan menuju Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. Nama-nama yang masuk ke bursa akan disaring terlebih dahulu.

Pendaftaran bursa sudah ditutup KP pada, Senin (16/1/2023), pukul 18.00, WIB. Total ada 100 nama yang masuk dengan rincian lima bakal calon (balon) Ketum, 17 balon Cawaketum, dan 78 balon Komite Eksekutif (Exco).

Kemudian pada, Selasa (17/1), pagi, WIB, KP mengumumkan ada delapan nama tambahan yang terdiri dari dua balon cawaketum dan lima balon anggota Exco. Sehingga jumlahnya yang mendaftarkan diri atau didaftarkan ke bursa menjadi 108 orang.

Terbaru, nama Iwan Budianto sudah tak disertakan dalam balon cawaketum. Pemilik mayoritas saham Arema FC itu mengaku tak mendaftarkan diri, tapi diajukan oleh pihak lain. Sehingga kini jumlah balon dalam bursa adalah 107 orang.

Sebanyak 107 balon ini masih akan dijaring dalam berbagai tahapan. Mulai dari kelengkapan berkas persyaratan hingga banding andai tak diloloskan dalam daftar calon nantinya.

"Kami sangat mengapresiasi antusiasme para pendaftar komite eksekutif (Exco) PSSI. Mereka dari berbagai latar belakang profesi. Ini menunjukkan bahwa banyak yang berkeinginan untuk membangun masa depan PSSI lebih maju dan berprestasi," kata Ketua KP Amir Burhanuddin dalam pernyataan yang dirilis PSSI.

Amir juga memberikan respek yang luar biasa terhadap antusiasme pendaftar dari kalangan kandidat dari unsur perempuan. Terdapat, 9 kandidat perempuan yang resmi mendaftarkan sebagai komite eksekutif PSSI.

KP hanya memiliki waktu satu bulan untuk menjalani semua tahapan sampai Kongres Luar Biasa (KLB) digelar pada 16 Februari 2023. Karena itu semua anggota KP harus berkomitmen untuk fokus menjalankan tugasnya.

"Setelah tahap penyampaian berkas pendaftaran kandidat. KP akan bekerja melakukan verifikasi kelengkapan dokumen para kandidat serta dukungan calon. Verifikasi ini penting, agar selanjutnya disampaikan kepada para kandidat dan pengusung untuk melengkapinya," ujar Amir.

Setelah verifikasi, KP akan menyampaikan informasi kepada anggota PSSI serta balon Exco PSSI terkait kekurangan kelengkapan dokumen pada 19 Januari 2023.

"Selanjutnya mulai tanggal 19 sampai 21 Januari 2023, para balon dan pengusung dapat melengkapi dokumen kekurangannya langsung ke Komite Pemilihan PSSI. Kami mengajak para kandidat dan pengusung untuk memanfaatkan waktu ini untuk melengkapinya agar lolos ke tahap selanjutnya," tutur Amir.

Lalu KP punya waktu 10 hari tersisa setelah tahap melengkapi dokumen dari para bakal calon dan anggota PSSI. Kemudian KP akan resmi mengumumkan daftar calon sementara Komite Eksekutif PSSI pada 31 Januari 2023.

"Tanggal 1 sampai 3 Februari, para bakal calon dan anggota PSSI dapat menyampaikan permohonan dan berkas banding kepada Komite Banding Pemilihan jika tidak lolos dalam pengumuman daftar calon sementara Komite Eksekutif anggota PSSI," ucap pria yang sebelumnya merupakan Wakil Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur.

Tahapan berikutnya pada 6 Februari 2023, Komite Banding Pemilihan akan resmi mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) Komite Eksekutif PSSI.

"Setelah DCT diumumkan, selanjutnya mereka bersiap untuk mengikuti Kongres Luar Biasa Pemilihan PSSI Tahun 2023," ujar Amir.

Timeline menuju Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI

1. 16 November 2022 - 16 Januari 2023: Pendaftaran balon ketua, wakil Ketua, dan anggota Exco PSSI.

2. 16 Januari 2023: Pengumuman daftar balon Ketua, Wakil Ketua, dan anggota Exco PSSI oleh Komite Pemilihan.

3. 19 - 21 Januari 2023: Pelengkapan dokumen balon dan pengusung.

4. 21 - 30 Januari 2023: Proses verifikasi oleh KP.

5. 31 Januari 2023: KP Mengumumkan Daftar Calon Sementara.

6. 1 - 3 Februari 2023: Balon yang tidak lolos bisa mengajukan banding ke Komite Banding Pemilihan (KBP).

7. 3 - 5 Februari 2023: Pemeriksaan dokumen banding oleh KBP.

8. 6 Februari 2023: Pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) ketua, wakil Ketua, dan anggota Exco PSSI 2023-2027.

9. 16 Februari 2023: Kongres Luar Biasa (KLB) pemilihan Ketua, wakil Ketua, dan anggota Exco PSSI 2023-2027.

(cas/yna)

Adblock test (Why?)


Timeline Komite Pemilihan Sebelum Kongres Luar Biasa PSSI - detikSport
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah - ANTARA

[unable to retrieve full-text content] Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah    ANTARA Panwasrah: PON beri d...