Rechercher dans ce blog

Senin, 17 April 2023

Menyorot Kemacetan Tak Biasa di Jakarta Hingga Pantau Jalur Mudik - detikNews

Jakarta -

Di saat sebagian besar masyarakat bersiap untuk mudik Lebaran, kemacetan tak biasa justru terjadi di Ibu Kota Jakarta. Kemacetan panjang dalam durasi yang cukup lama itu terjadi di wilayah Jakarta Selatan, berpusat di kawasan simpang Pasar Santa

Dari pantauan detikcom, kemacetan parah muali terjadi sejak Jumat (14/4/2023) pekan lalu, usai rekayasa lalu lintas diberlakukan. Kendaraan dari Jalan Wijaya I tak bisa lagi langsung belok kanan ke Jalan Kapten Tendean, namun diarahkan lebih dulu ke arah Jalan Wolter Monginsidi menuju Jalan Senopati dan Jalan Suryo, lalu belok kiri ke Jalan Kapten Tendean.

"Kita hampir 2,5 jam (terjebak macet), saya cuma mau ke Tandean doang ini. Cuma bahasanya mau muter balik aja lama ya. Saya dari Mampang, muter doang masalahnya. Bahasanya hal sepele ya, makin parah nih, 2,5 jam ini, dari masuk Mampang sampai sini," ungkap Bagaskoro, salah satu pengendara yang melintas Jalan Suryo, Senin (17/4/2023).

Imbas dari rekayasa lalu lintas ini juga sampai area Senopati dan sekitar daerah SCBD. Antrean kendaraan juga mengular hingga ke Jalan Mampang Prapatan ke arah Tendean.

"(Dari) flyover terhenti sampai prapatan (Jalan) Wijaya, itu nggak bisa bergerak," terang pengendara lain bernama Febri, Senin (17/4/2023).

Pemprov DkI Jakarta sedianya melakukan rekayasa lalu lintas demi mengurai kemacetan yang acap kali terjadi di kawasan Pasar Santa. Penjabat (Pj) Gubernur DKI heru Budi Hartono bahkan sudah mengecek area rekayasa lalin tersebut.

Namun, saat tim liputan detikcom memantau pukul 17.35 WIB, Senin (17/3/2023), petugas PPSU bersama aparat Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI membuka beton barier dan pelican crossingyang terpasang melintang menutup jalan dari arah Jalan Wijaya I menuju Jalan Kapten Tendean. Petugas menyebut putaran balik itu akan terus dibuka hingga ada hasil evaluasi dan koordinasi terkait pelaksanaan rekayasa lalu lintas di Simpang Santa.

"Sampai dengan detik ini kita akan buka lagi jalur yang dari arah Wijaya ke arah Tendean, karena dari beberapa hari kemarin kita rekayasa ternyata belum bisa memecahkan kemacetan, akhirnya kita akan coba buka lagi sampai menunggu petunjuk ataupun hasil koordinasi dari instansi terkait seperti Dishub, PU dan masyarakat sekitar," ujar salah satu petugas kepada wartawan.

Selain informasi soal kemacetan luar biasa di DKI, detik Pagi juga akan menyuguhkan berita-berita terkini yang mendapat sorotan besar detikers, seperti: pantauan mudik satu hari jelang cuti bersama, kesiapan sejumlah bandara menyambut musim mudik lebaran, hingga Isu Samsung Mau Pakai Bing.

Dari dunia lifestyle, pagi ini akan ada sesi 'Tanya Dokter', perihal mengungkap kepribadian dari cara mengirim pesan. Ada juga tips menyiapkan HP untuk Liburan, fakta unik soal lebaran dan ketupat, hingga menu ramadhan spesial di sesi 'Masak Apa Hari Ini'.

Selama Ramadan, program detik Pagi tayang (live stream) Senin-Jumat, pukul 08.00-11.00 WIB. Anda bisa menyaksikannya langsung website dan akun TikTok detikcom.

Detik Pagi, Jangan Tidur Lagi!

(ajs/ajs)

Adblock test (Why?)


Menyorot Kemacetan Tak Biasa di Jakarta Hingga Pantau Jalur Mudik - detikNews
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah - ANTARA

[unable to retrieve full-text content] Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah    ANTARA Panwasrah: PON beri d...