Rechercher dans ce blog

Sabtu, 06 Mei 2023

4 Cabang Olahraga Tak Biasa di SEA Games 2023 - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

SEA Games 2023 resmi digelar dibuka hari ini, Kamis (5/5). Dari 36 cabang olahraga yang dipertandingkan, ada beberapa nama yang mungkin terdengar asing di telinga.

Sudah bukan rahasia umum jika tuan rumah ajang multi-cabang dwitahunan ini mendapat hak istimewa untuk memasukkan cabang-cabang olahraga setempat atau disiplin baru.

Biasanya, cabang olahraga tersebut dipilih tuan rumah untuk menguntungkan mereka.

Berikut cabang olahraga yang tidak biasa di SEA Games 2023:

1. Arnis

Dilansir AFP, seni beladiri asal Filipina itu kembali dipertandingkan pada 2023, setelah sempat tampil pada 2005 dan 2019 ketika negara asalnya menjadi tuan rumah SEA Games.

Cabor Arnis melibatkan dua atlet yang mengenakan baju pelindung dan helm. Keduanya harus berupaya saling memukul lawannya menggunakan tongkat yang terbuat dari rotan.

Pada disiplin anyo, penampil individu mengenakan pakaian tradisional untuk melakukan gerakan-gerakan koreografi dengan senjata.

Indian schoolgirls take part in a Eskrima-Kali-Arnis workshop in Mumbai on February 29, 2008, as part of a four day workshop in the Philippino Martial Arts Style. The National School of Combat Arts and The Philippines Martial Arts Federation of India held the four day workshop on martial arts in an attempt to popularise it amongst girls. The federation has some 75 boys and 430 girls. AFP PHOTO/Pal PILLAI (Photo by PAL PILLAI / AFP)Ilustrasi pertandingan Arnis. (AFP/PAL PILLAI)

Selain Arnis, Kun Bokator juga merupakan seni beladiri nasional yang dipertandingkan bulan ini.

Kemudian juga ada Vovinam, seni bela diri tangan kosong yang berasal dari Vietnam yang juga mengadopsi gerakan-gerakan gulat dan karakteristik seni bela diri lainnya seperti pencak silat.

2. Kun Bokator

Seni bela diri ini dipercaya berumur lebih dari 1.000 tahun dan lahir pada masa kerajaan Khmer, yang wilayahnya meliputi sebagian besar Asia Tenggara.

Kun Bokator kemungkinan merupakan seni bela diri paling mendasar di Kamboja.

Atlet Kun Bokator putri Indonesia Riana Octavia bertanding pada nomor seni perorangan SEA Games 2023 di Chrouy Changvar Convention Center, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). Riana Octavia berhasil meraih medali perunggu dengan skor 8,08. ANTARA FOTO/Muhammad AdimajaAtlet Kun Bokator putri Indonesia Riana Octavia raih medali perunggu SEA Games 2023, Kamis (4/5).

Memiliki gaya yang anggun, menggabungkan pukulan siku, serangan tulang kering, kuncian dan bergulat, Kun Bakator menjalani debutnya di SEA Games hanya satu tahun setelah masuk dalam daftar Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan UNESCO.

Seni bela diri itu juga kini semakin berkembang setelah pada satu dekade terakhir hampir punah karena sangat sedikit praktisi Kun Bakator yang menyintas rezim Khmer Merah pada 1970-an.

Namun seni bela diri tersebut telah memenangi hati warga Kamboja yang ingin melestarikan budaya mereka.

Baca di halaman selanjutnya>>>

Kombinasi Cabor

BACA HALAMAN BERIKUTNYA

Adblock test (Why?)


4 Cabang Olahraga Tak Biasa di SEA Games 2023 - CNN Indonesia
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asnawi Mangkualam soal Duelnya dengan Dimas Drajad: Sudah Biasa, tidak ada Kesengajaan - Bola.net

[unable to retrieve full-text content] Asnawi Mangkualam soal Duelnya dengan Dimas Drajad: Sudah Biasa, tidak ada Kesengajaan    Bola.net ...