Rechercher dans ce blog

Selasa, 02 Mei 2023

CEK FAKTA: Richard Eliezer Kembali Bertugas, Dapatkan Sambutan Luar Biasa Sampai Dipanggul dan Diarak? - SuaraMetro

Narasi menyatakan bahwa Bharada E sudah bekerja lagi, dengan gambar cover luar biasa.

Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada Eliezer alias Bharada E adalah justice collaborator dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat yang diberi sanksi hukuman bui 1 tahun 6 bulan dan tengah dijalani.

Putusan hakim itu dibacakan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 15 Februari 2023.

Dikutip dari SuaraSumedang.com, di kanal YouTube, akun atas nama BENANG MERAH baru saja mengunggah video berjudul "BHARADA E KEMBALI BERTUGAS JADI ABDI NEGARA". Dengan thumbnail Richard Eliezer tengah disambut meriah sampai dipanggul di atas pundak segala. Tulisannya, "DISAMBUT DENGAN MERIAH BHARADA E DIBEBASKAN HARI INI".

Narasinya Bharada E dibebaskan dari bui sejak video itu tayang dan kini sudah bekerja kembali di Satun Brimob--kantornya terdahulu.

PENJELASAN

Dalam tayangan video berdurasi 8 menit 11 detik ditampilkan proses persidangan Bharada E.

Tidak ada pembacaan skrip narator maupun potongan video konkrit dan jelas yang menyatakan Richard Eliezer Pudihang Lumiu dibebaskan dan sudah bekerja lagi.

Tidak ada bukti valid bahwa Richard Eliezer sudah bebas kembali.

Faktanya, sampai saat ini Richard Eliezer Pudihang Lumiu masih ditahan di Rumah Tahanan atau Rutan Bareskrim Polri sebagai warga binaan Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas IIA Salemba Jakarta Timur.

Foto cover adalah editan salah satu acara TNI-Polri, terlihat dari potongan wajah Richard Eliezer yang coba disisipkan agar menampilkan kesan bahwa berita adalah sungguhan.

KESIMPULAN

Judul dan materi video memiliki koneksi yang salah. Judulnya sendiri masuk kategori kabar hoax atau bohong belaka.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected]

Loading...

Adblock test (Why?)


CEK FAKTA: Richard Eliezer Kembali Bertugas, Dapatkan Sambutan Luar Biasa Sampai Dipanggul dan Diarak? - SuaraMetro
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

6 Juta Data NPWP Bocor Termasuk Jokowi, Pakar: Dampaknya Luar Biasa - detikInet

[unable to retrieve full-text content] 6 Juta Data NPWP Bocor Termasuk Jokowi, Pakar: Dampaknya Luar Biasa    detikInet 6 Juta Data NPWP B...