Rechercher dans ce blog

Minggu, 14 Mei 2023

Zelensky Berterima Kasih pada Jerman atas Solidaritas yang Luar Biasa - SINDOnews Internasional

loading...

Zelensky Berterima Kasih pada Jerman atas Solidaritas yang Luar Biasa. FOTO/Reuters

KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz pada Minggu (14/5/2023). Zelenksy mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Jerman atas "solidaritas yang luar biasa", ketika Kiev mendapatkan dorongan besar dalam bantuan militer.

Zelensky tiba di Berlin dari Roma, di mana dia bertemu dengan Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni dan Paus Francis pada Sabtu (13/5/2023). Zelensky terbang dengan pesawat pemerintah Jerman yang dikawal di atas wilayah udara Jerman oleh jet tempur angkatan udara Luftwaffe, tiba di tengah malam.

Mengenakan celana tempur khaki khasnya dan sweter hitam, pemimpin Ukraina itu pertama kali disambut dengan penghormatan militer oleh Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, sebelum menuju ke kanselir untuk bertemu dengan Scholz.

"Dalam masa paling menantang dalam sejarah modern Ukraina, Jerman terbukti menjadi teman sejati dan sekutu yang dapat diandalkan," tulis Zelenskiy dalam buku tamu kepresidenan Jerman. "Bersama-sama kita akan menang dan membawa perdamaian kembali ke Eropa," lanjutnya, seperti dikutip dari Reuters.

Dia diharapkan untuk mengadakan konferensi pers dengan Scholz sebelum kemudian menuju ke Aachen di Jerman barat untuk menerima hadiah bergengsi Charlemagne untuk menghormati layanan ke Eropa.

Jerman, yang merupakan ekonomi terbesar di Eropa, menghadapi kritik pada awal perang atas apa yang oleh sebagian orang disebut sebagai tanggapan yang ragu-ragu, tetapi Jerman telah menjadi salah satu penyedia bantuan keuangan dan militer terbesar di Ukraina.

Pemerintah lalu mengumumkan bantuan militer USD3 miliar ke Ukraina pada hari Sabtu, paket terbesarnya sejak invasi Rusia pada Februari tahun lalu, dan menjanjikan dukungan lebih lanjut untuk Kiev selama diperlukan.

Paket itu berisi 30 tank Leopard Jerman serta kendaraan tempur, drone pengintai, dan empat sistem pertahanan udara Iris-T yang dianggap penting untuk mencegah rudal Rusia menghujani kota-kota Ukraina dan infrastruktur penting.

Zelensky memuji ini sebagai "paket yang kuat" dalam sebuah tweet, yang menunjukkan bahwa dia bermaksud untuk berdiskusi dengan pejabat Jerman tentang pasokan senjata serta pertahanan udara, rekonstruksi, pencalonan Ukraina untuk keanggotaan Uni Eropa dan keamanan.

(esn)

Adblock test (Why?)


Zelensky Berterima Kasih pada Jerman atas Solidaritas yang Luar Biasa - SINDOnews Internasional
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arti Lirik Lagu Karo Lebihen Teman Biasa yang Dipopulerkan oleh Intan Br Ginting - Tribun Medan

[unable to retrieve full-text content] Arti Lirik Lagu Karo Lebihen Teman Biasa yang Dipopulerkan oleh Intan Br Ginting    Tribun Medan Ar...