Rechercher dans ce blog

Senin, 06 November 2023

Cerita Abrar: dari Siswa 'Biasa', Kini Raih IPK Tertinggi FTTM ITB - detikcom

Jakarta -

Abrar Taimullah lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada wisuda Oktober 2023. Mahasiswa Teknik Metalurgi angkatan 19 ini juga mengantongi gelar IPK tertinggi pada jenjang S1 Fakultas Teknik Perminyakan dan Pertambangan (FTTM) yakni 3,98.

Semasa kuliah, Abrar dikenal aktif dalam kegiatan akademik, organisasi, maupun olahraga. Tapi tak banyak yang tahu, ia bukan Abrar 'yang sama' saat masih di bangku sekolah.

Bukan Siswa Akademis

Abrar mengakui, masa SMA yang dijalaninya tidak diramaikan dengan prestasi akademik. Menurutnya, ia masuk golongan pelajar dengan nilai yang meski tidak istimewa tapi masih masuk dalam batas aman. Ia memilih untuk fokus pada bidang lain, yaitu organisasi dan olahraga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat bersekolah di SMA Negeri Modal Bangsa (MOSA), Aceh Besar, Abrar aktif berorganisasi. Ia juga turut mengharumkan sekolah dalam perlombaan basket dan futsal.

Barulah saat melihat pengumuman jalur undangan atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), ia mulai mengubah fokus. "Aku ketolak di SNMPTN. Itulah jadi patah hati aku pertama kali ditolak sama kampus. Dan itu malah jadi semangat baru buat aku, pokoknya harus dapet ITB," ujarya kepada detikEdu, Sabtu (4/11/2023).

Abrar mulai meninggalkan beberapa kesibukannya untuk fokus belajar. Ia mengisi hari-hari dengan belajar siang dan malam demi masuk salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Pagi-Malam di Bimbel

Abrar masih memiliki beberapa bulan untuk menyiapkan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN). Waktu yang tersisa ia manfaatkan untuk belajar sendiri maupun di bimbingan belajar. "Waktu itu pintunya belum dibuka, aku masuk belajar sendiri," ceritanya.

Setelah bimbel, Abrar tidak langsung pulang. Ia masih menekuni materi bersama teman-temannya hingga malam hari. "Selama persiapan UTBK datang paling pagi pulang paling malam," ujarnya sambil tertawa.

Sepulang dari bimbel, Abrar masih melanjutkan belajar dengan mengulang materi yang sudah diajarkan. Kerja keras tersebut berbuah manis dengan berhasil meraih satu bangku di FTTM ITB.

Terbawa Sampai Kuliah

Menurut Abrar, ketekunannya selama persiapan UTBK SBMPTN terus terbawa hingga jenjang kuliah. Berbekal ilmu organisasi, ia jadi bisa mengimbangi kegiatan organisasi dan akademik. Abrar aktif mengikuti Unit Kebudayaan Aceh (UKA) hingga menjadi Ketua Umum di tahun 2022. Ia juga sempat mengikuti beberapa lomba akademik maupun olahraga.

Meski tidak bermimpi menjadi mahasiswa terbaik ITB, Abrar mulai menyadari dirinya akan meraih gelar itu selepas lulus. "Sekitar 2 tahun kuliah itu kan bisa dilihat dari IPnya, bagus gitukan. Dari 4 semester, aku 3 semester IPnya 4," ujarnya.

Abrar menuturkan jika dari 8 semester, 6 di antaranya meraih IP 4, yaitu di semester 2, 3, 4, 5, 7, dan 8. Pencapaiannya ini berbuah manis dengan mendapatkan predikat mahasiswa berprestasi Teknik Metalurgi tahun 2022.

Atas prestasinya tersebut, peraih beasiswa afirmasi untuk mahasiswa daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T) ini pun didaulat mewakili wisudawan untuk berpidato dalam acara wisuda pada 28 Oktober 2023 lalu.

Dapat Beasiswa S2

Kegigihan Abrar berlanjut di jenjang S2. Saat ini, Abrar tengah mengikuti program fast track S2 di ITB di mana ia sudah bisa mempelajari pelajaran Magister saat di semester 7 jenjang S1. "Kebetulan fast track ada beasiswanya. Kemarin apply yang beasiswa 100% alhamdulillah keterima juga beasiswanya. Jadi kuliahnya gratis," jelasnya.

Berangkat dari siswa 'biasa' menjadi salah satu mahasiswa dengan IPK terbaik, Abrar berpesan kepada sesama pelajar.

"Kalau sudah jadi mahasiswa jadi sosok yang baru dengan status yang baru, status kalian dengan teman-teman yang lain itu sama-sama mahasiswa. Nggak peduli latar belakangnya apa. Tinggal kalian sadar kalau kalian sama-sama mahasiswa, dan kalian sama-sama mau berusaha, maka kalian punya satu kesempatan yang sama untuk menjadi mahasiswa terbaik," pungkasnya.

Simak Video "Tak Kuat Menanjak, Truk Angkut Mahasiswa ITB Terguling di Lembang"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/pal)

Adblock test (Why?)


Cerita Abrar: dari Siswa 'Biasa', Kini Raih IPK Tertinggi FTTM ITB - detikcom
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Media Vietnam Lihat Ranking FIFA Timnas Indonesia: Luar Biasa, Bisa Tembus 100 Besar! - Bola.net

[unable to retrieve full-text content] Komentar Media Vietnam Lihat Ranking FIFA Timnas Indonesia: Luar Biasa, Bisa Tembus 100 Besar!    Bo...