Rechercher dans ce blog

Senin, 25 Desember 2023

Natuna Dikeroyok Jepang, AS dan Korsel Pakai Siasat Tak Biasa Supaya China Susah Caplok ZEE Indonesia - Zona Jakarta - Zona Jakarta

ZONAJAKARTA.COM- Jepang rupanya jadi salah satu negara yang tak ikhlas jika Natuna Indonesia sampai jatuh ke tangan China.

Tak heran jika Jepang sampai rela memberikan kapal patroli ke Indonesia untuk membantau NKRI memantau Natuna yang kerap dilewati kapal China.

Wilayah laut yang ditetapkan Indonesia sebagai 'Laut Natuna Utara' sebenarnya termasuk dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia, namun sebagian berada dalam sembilan garis putus-putus di Laut Cina Selatan yang ditetapkan Tiongkok sebagai batasnya, dengan mengklaim itu menjadi wilayah lautnya sendiri.

Sembilan garis putus-putus Laut Cina Selatan merupakan sembilan garis berbentuk U yang dibuat oleh Tiongkok di sekitar Laut Cina Selatan pada tahun 1940-an untuk mengklaim kedaulatan atas perairan dan dasar laut Laut Cina Selatan, dan mencakup 90% dari keseluruhan Laut Cina Selatan.

Pada bulan Juni tahun 2016 lalu, Tiongkok mengklaim bahwa perairan di sekitar Kepulauan Natuna adalah “daerah penangkapan ikan tradisional para nelayan Tiongkok".

Baca Juga: Natuna Bisa Kasih Pukulan Balik ke China Jika Tiongkok Pakai Siasat yang Sama Saat Hadapi Filipina Kepada Indonesia

Tapi Indonesia tak diam saja.

Dikutip Zonajakarta.com dari Joongang Ilbo edisi 12 September 2017, Indonesia secara terbuka membantah klaim kedaulatan sepihak Tiongkok dengan menerbitkan peta maritim baru yang menyebut perairan utara Kepulauan Natuna di Laut Cina Selatan sebagai 'Laut Natuna Utara'.

Indonesia mendeklarasikan kawasan ini sebagai zona ekonomi eksklusif (ZEE).

Namun, karena kapal nelayan Tiongkok sering muncul dan menangkap ikan, Indonesia dan Tiongkok terlibat dalam perang ketegangan.

Tahun lalu, TNI Angkatan Laut mengalami tiga kali bentrokan fisik, termasuk melepaskan tembakan yang mengancam saat menyita kapal nelayan Tiongkok.

Baca Juga: H-6 Pembom Nuklir China Ada di Dekat Natuna Indonesia Tapi AS Curiga Pesawat Tiongkok Musuh F-16 Ini yang Bisa Jangkau Kalimantan Hingga Laut Jawa

NYT melaporkan bahwa Indonesia berada dalam situasi yang melampaui negara-negara Laut Cina Selatan lainnya dan berhadapan langsung dengan Tiongkok.

Indonesia telah menghindari konfrontasi dengan Tiongkok selama 20 tahun terakhir karena sengketa wilayah di Laut Cina Selatan.

Adblock test (Why?)


Natuna Dikeroyok Jepang, AS dan Korsel Pakai Siasat Tak Biasa Supaya China Susah Caplok ZEE Indonesia - Zona Jakarta - Zona Jakarta
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah - ANTARA

[unable to retrieve full-text content] Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah    ANTARA Panwasrah: PON beri d...