Rechercher dans ce blog

Minggu, 25 Februari 2024

Ini 5 Perbedaan dan Manfaat Bawang Putih Tunggal dan Bawang Putih Biasa - Koran Gala - Koran gala

KORAN GALA - Bawang putih tunggal (Allium sativum L.) atau dikenal juga sebagai bawang putih lanang dipercaya memiliki manfaat kesehatan. Bawang putih tunggal adalah bawang putih yang hanya terdiri dari satu siung karena tumbuh di lingkungan yang tidak memadai.

Dikutip dari hellosehat.com, senyawa aktif dalam bawang yang disebut single clove garlic ini relatif lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih biasa. Jurnal Biosaintifika mencatat bahwa kandungan senyawa aktif yang terdapat dalam bawang putih tunggal jumlahnya 5 – 6 kali lebih banyak dari bawang putih biasa.

Bawang putih memiliki kandungan zat gizi seperti kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, dan tembaga. Selain itu bawang putih tunggal memiliki nutrisi penting seperti vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan vitamin C.

Baca Juga: H. Agus Gunawan: Raperda Penyelenggaraan Olahraga untuk Menjamin Kesejahteraan Atlet dan Kebutuhan Sarana Olahraga Warga

Sementara itu, senyawa aktif dalam bawang putih tunggal yang memiliki aktivitas antibakteri antara lain alisin, ajoene, dialil sulfida (DAS), dialil disulfida (DADS), dan dialil trisulfida (DATS).

Bagaimana cara membedakan antara bawang putih tunggal dengan bawang putih biasa? Berikut cara membedakannya:

1. Bentuk dan Ukuran
Bawang putih biasa: Memiliki banyak siung (4-12) yang terbungkus dalam satu umbi. Ukuran siungnya bervariasi, dari kecil hingga besar.

Baca Juga: Resep Telur Dadar Tahu Gurih Meresap dan Tebal, Bahan Sederhana Nampol Buat Sarapan Praktis atau Cemilan Sehat

Bawang putih tunggal: Hanya memiliki satu siung besar yang terbungkus dalam satu umbi. Ukurannya umumnya lebih besar daripada bawang putih biasa.

2. Warna
Bawang putih biasa: Berwarna putih krem.

Bawang putih tunggal: Berwarna putih lebih pucat.

3. Rasa dan Bau
Bawang putih biasa: Rasanya lebih pedas dan baunya lebih tajam.

Baca Juga: Luar biasa! Ini 5 Manfaat Ceker Ayam, Bisa Jaga Kesehatan Tulang, Kulit Hingga Mengurangi Resiko Serangan Jantung, Ini Resepnya

Bawang putih tunggal: Rasanya lebih ringan dan baunya tidak setajam bawang putih biasa.

Adblock test (Why?)


Ini 5 Perbedaan dan Manfaat Bawang Putih Tunggal dan Bawang Putih Biasa - Koran Gala - Koran gala
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah - ANTARA

[unable to retrieve full-text content] Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah    ANTARA Panwasrah: PON beri d...