Rechercher dans ce blog

Jumat, 16 Februari 2024

Mengenal Struktur Kurikulum Merdeka di Sekolah Luar Biasa Menurut Kemendikbud - Liputan6.com

Secara umum, jam pelajaran (JP) paling besar adalah untuk mata pelajaran Seni dan Budaya (SDLB) dan kelompok keterampilan (SMPLB dan SMALB). Hal ini didasarkan pada penekanan kemandirian dan pengembangan keterampilan adaptif anak.

Pada kelas 7, murid SMPLB dan SMALB bisa memilih 2 jenis atau lebih dari keterampilan yang tersedia di satuan pendidikan masing-masing. Sementara pada kelas 8, murid memilih 1 jenis keterampilan sesuai dengan bakat dan minatnya.

Satuan pendidikan dapat mengembangkan jenis keterampilan secara mandiri sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik daerah dan ketersediaan sumber daya manusia (SDM).

Mata pelajaran Seni Budaya di SMPLB dan SMALB pada kelompok mata pelajaran umum berfungsi sebagai sarana apresiasi dan terapi, sedangkan mata pelajaran Seni pada kelompok keterampilan berfungsi sebagai pembekalan untuk profesi.

Hal ini sejalan dengan tujuan Program Kebutuhan Khusus untuk membantu anak memaksimalkan indera yang dimilikinya dan mengatasi keterbatasannya.

Program Kebutuhan Khusus di SMALB menjadi mata pelajaran wajib seperti di SDLB dan SMPLB, dengan pertimbangan mempersiapkan peserta didik agar mampu hidup mandiri di lingkungan masyarakat.

Adblock test (Why?)


Mengenal Struktur Kurikulum Merdeka di Sekolah Luar Biasa Menurut Kemendikbud - Liputan6.com
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asnawi Mangkualam soal Duelnya dengan Dimas Drajad: Sudah Biasa, tidak ada Kesengajaan - Bola.net

[unable to retrieve full-text content] Asnawi Mangkualam soal Duelnya dengan Dimas Drajad: Sudah Biasa, tidak ada Kesengajaan    Bola.net ...