Rechercher dans ce blog

Sabtu, 04 Mei 2024

8 Makanan yang Disebut dalam Al Qur'an, Manfaatnya Luar Biasa - detikFood

Daftar Isi

Jakarta -

Al Qur'an tak hanya membahas keesaan Allah dan kewajiban yang harus dijalani muslim. Di dalamnya juga disebutkan beberapa makanan bermanfaat yang dapat dikonsumsi manusia.

Mulai dari buah-buahan yang ada di surga hingga rempah yang menyehatkan terdapat dalam ayat-ayat Al Qur'an. Berikut 8 makanan dalam Al Qur'an yang memiliki manfaat kesehatan untuk manusia.

8 Makanan yang Disebut dalam Al Qur'an, Manfaatnya Luar Biasa

Makanan yang disebutkan dalam Al Qur'an di antaranya yaitu pisang, anggur, kurma, hingga madu. Berikut manfaat yang terkandung dalam beberapa makanan tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Pisang

Manfaat Pisang untuk WanitaFoto: Thinkstock

Al Qur'an menyebutkan secara umum mengenai buah-buahan yang dimakan oleh penghuni surga. Mengutip laman The Healthy Muslim, pisang disebutkan secara khusus dalam surat Al Waqiah ayat 29.

وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ () فِي سِدْرٍ مَخْضُودٍ () وَطَلْحٍ مَنْضُودٍ () وَظِلٍّ مَمْدُودٍ
Waashhabul yamini ma ashhabul yamin. Fi sidrim makhdud. Wa thalhim mandhud. Wa dzillim mamdud.

ADVERTISEMENT

Artinya: "Dan golongan kanan, Alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tak berduri. Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya). Dan naungan yang terbentang luas."(Al waqiah 27-30)

Pisang mengandung potasium dan vitamin B6 yang baik dikonsumsi sebagai tambahan untuk sarapan atau camilan pagi. Selain itu, kandungan kaliumnya juga penting untuk keseimbangan cairan dan fungsi saraf serta membantu menjaga otot dan tulang bekerja dengan baik. Kandungan beberapa jenis antioksidan kuatnya seperti flavonoid dan amina punya banyak manfaat kesehatan, seperti penurunan risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif.

2. Delima

Selain pisang, buah delima juga disebutkan di dalam Al Qur'an sebagai buah yang ada di surga. Pada ayat 68 surat Ar rahman, disebutkan dua taman surga yang di dalamya terdapat buah-buahan.


فِيْهِمَا فَاكِهَةٌ وَّنَخْلٌ وَّرُمَّانٌۚ۝٦٨

"Pada keduanya terdapat buah-buahan, kurma dan delima"

Buah delima mengandung banyak vitamin C yang penting untuk berbagai fungsi dalam tubuh. Vitamin ini berperan dalam pembentukan kolagen untuk menjaga otot, tulang, kulit, serta berperan penting dalam penyerapan zat besi.

3. Kurma

Selain Sunnah, Ini 5 Manfaat Rutin Konsumsi KurmaFoto: Getty Images/iStockphoto/Voyagerix

Kurma menjadi tumbuhan yang paling banyak disebutkan dalam Al Qur'an. Diberitakan sebelumnya oleh CNBC Indonesia, dalam kitab Mu'jam Al-Mufahras li A;-Fahzil Qur'an, 'Abd al Baqi menjelaskan bahwa kurma disebut sebanyak 20 kali dalam 16 surat dalam Al Qur'an.

Selain disebutkan bersama buah delima dalam surat Ar rahman, kurma juga disebut dalam surat Maryam ayat 23 dan 25. Ayat-ayat ini berkisah tentang derita dan rasa sakit yang dirasakan Maryam saat akan melahirkan.

فَاَجَاۤءَهَا الْمَخَاضُ اِلٰى جِذْعِ النَّخْلَةِۚ قَالَتْ يٰلَيْتَنِيْ مِتُّ قَبْلَ هٰذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَّنْسِيًّا۝٢٣

"Kemudian rasa sakit akan melahirkan memaksanya (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia (Maryam) berkata, "Wahai, alangkah (baiknya) aku mati sebelum ini, dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan."

وَهُزِّيْٓ اِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّاۖ۝٢٥

"Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu."

Buah ini mengandung serat dan juga antioksidan yang tinggi. Salah satu antioksidan yang ada dalam kurma adalah phenolic acid. Zat ini bisa membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Tak hanya itu, menurut studi laboratorium, kurma bermanfaat dalam menurunkan penanda inflamasi seperti interleukin 6 (IL-6) di otak. Perlu diketahui bahwa tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi, seperti Alzheimer.

4. Anggur

Makanan lainnya yang disebut dalam Al Qur'an adalah anggur. Dalam surat Al Mu'minun ayat 19. Allah berfirman:

فَاَنْشَأْنَا لَكُمْ بِهٖ جَنّٰتٍ مِّنْ نَّخِيْلٍ وَّاَعْنَابٍۘ لَكُمْ فِيْهَا فَوَاكِهُ كَثِيْرَةٌ وَّمِنْهَا تَأْكُلُوْنَۙ۝١٩

Artinya: Lalu, dengan (air) itu Kami tumbuhkan untukmu kebun-kebun kurma dan anggur. Di sana kamu mendapatkan buah-buahan yang banyak dan dari sebagiannya itu kamu makan.

Anggur sangat populer berkat kandungan antioksidan yang tinggi. Flavonoidnya telah terbukti bermanfaat dalam menangkan kerusakan oksidatif yang menurut beberapa penelitian dikaitkan dengan sifat melawan kanker.

5. Zaitun

Buah ZaitunFoto: shutterstock

Buah zaitun disebutkan sebanyak tujuh kali dalam Al qur'an. Hal tersebut menunjukkan bahwa zaitun merupakan buah yang penting dalam sejarah perkembangan Islam. Salah satu penyebutan buah zaitun terdapat dalam surat Al mu'minum ayat 20.

وَشَجَرَةً تَخْرُجُ مِنْ طُوْرِ سَيْنَاۤءَ تَنْۢبُتُ بِالدُّهْنِ وَصِبْغٍ لِّلْاٰكِلِيْنَ۝٢٠

Artinya: Dan pohon kayu keluar dari Thursina (pohon zaitun), yang menghasilkan minyak, dan pemakan makanan bagi orang-orang yang makan.

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yaitu sekitar 75%. Saat menggantikan lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal dari zaitun membantu menurunkan kolesterol jahat.

Buah ini juga mengandung asam lemak esensial. Zat ini baik untuk fungsi jantung dan otak, serta polifenol yang mempunyai sifat antioksidan.

6. Buah Tin

Tak hanya disebutkan dalam sebuah ayat, buah tin menjadi nama surat dalam Al Qur'an. Allah bersumpah atas nama buah tin dan buah zaitun dalam ayat pertama surat At tin. Dalam tradisi Islam, apapun yang namanya digunakan untuk bersumpah oleh Allah memiliki keagungan yang melekat padanya.

وَالتِّيْنِ وَالزَّيْتُوْنِۙ۝١

Artinya: "Demi buah tin dan buah zaitun."

Buah tin mempunyai kandungan serat yang tinggi yang bisa membantu menjaga kesehatan kadar gula darah dan kolesterol Magnesiumnya juga berperan penting untuk kesehatan tulang dan keseimbangan energi.

Buah tin yang kering mengandung asam lemak omega 3 dan Omega 6, fitosterol yang bersifat kardioprotektif dan membantu meningkatkan kesehatan otak.

7. Jahe

Teh jahe yang sehatkan pencernaanFoto: Getty Images/iStockphoto/

Tak hanya buah-buahan, jahe juga disebutkan dalam Al Qur'an di surta al Insan ayat 17 yang menggambarkan surga. Ayat ini bercerita mengenai penghuni surga yang diberikan segelas minuman bercampur jahe.

وَيُسْقَوْنَ فِيْهَا كَأْسًا كَانَ مِزَاجُهَا زَنْجَبِيْلًاۚ۝١٧

"Dan di sana mereka diberi segelas minuman bercampur jahe." - QS Al Insan ayat 17.

Menurut laman Salams Says, jahe dapat membantu menyehatkan pencernaan, mengurangi mual, melawan flu, membantu menurunkan berat badan, serti mengurangi nyeri osteoartritis. Jahe juga bisa digunakan untuk mengobati eksim dan psoriasis.

8. Madu

Keistimewaan madu dijelaskan dalam Al Qur'an surat An Nahl (Lebah) di ayat 69. Disebutkan bahwa di dalam madu ada obat yang menyembuhkan manusia.

ثُمَّ كُلِى مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٰتِ فَٱسْلُكِى سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنۢ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ أَلْوَٰنُهُۥ فِيهِ شِفَآءٌ لِّلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: "Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."

Madu mempunyai sifat antibakteri dan antijamur. Kandungan ini dapat membunuh bakteri dan jamur yang tidak diinginkan, mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.

Madu juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa madu bisa mencegah gangguan ingatan hingga perawatan luka.

Itulah beberapa makanan yang disebutkan dalam Al Qur'an dengan manfaat kesehatan di dalamnya. Favoritmu yang mana?

Simak Video "Fakta-fakta Makan Jengkol Bikin Ginjal Rusak, Benarkah?"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/row)

Adblock test (Why?)


8 Makanan yang Disebut dalam Al Qur'an, Manfaatnya Luar Biasa - detikFood
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Media Vietnam Lihat Ranking FIFA Timnas Indonesia: Luar Biasa, Bisa Tembus 100 Besar! - Bola.net

[unable to retrieve full-text content] Komentar Media Vietnam Lihat Ranking FIFA Timnas Indonesia: Luar Biasa, Bisa Tembus 100 Besar!    Bo...