Rechercher dans ce blog

Selasa, 16 Juli 2024

Siswa Baru Jangan Kaget, Ini Kegiatan yang Biasa Dilakukan Saat MPLS - Medcom.Id

Jakarta: Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2024/2025 telah dimulai. Tentunya, MPLS menjadi momen penting yang dapat membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan pembelajaran yang baru sehingga anak harus menyiapkan diri sebaik mungkin.
 
Berdasarkan Kalender Akademik Tahun Ajaran 2024/2025, hari pertama masuk sekolah di Jakarta dimulai pada Senin, 8 Juli 2024. Sedangkan, MPLS akan berlangsung mulai 8 Juli sampai 10 Juli 2024.
 
MPLS akan melibatkan kolaborasi orang tua, anak, dan guru untuk saling mengenal sehingga proses yang dilalui dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) berjalan dengan nyaman dan menyenangkan. Berikut Medcom.id telah rangkum kegiatan MPLS SD yang menyenangkan:

Hari pertama hingga ketiga

Biasanya, jangka waktu tersebut sebagai masa perkenalan anak (dan orang tua) dengan lingkungan belajar yang baru. Melalui kegiatan itu, pihak sekolah memastikan setiap peserta didik mendapatkan proses adaptasi yang diperlukan supaya kegiatan berjalan dengan nyaman dan aman.

Hari keempat hingga kesepuluh atau lebih

Peserta didik dapat melakukan penugasan awal sebagai upaya pengenalan satuan pendidikan. Penugasan tersebut tidak dilakukan secara tes, tetapi observasi dan penilaian kerja yang dilakukan melalui pembelajaran ataupun perilaku di sekolah.
Misalnya, peserta didik bisa membagikan cerita tentang pengalaman di PAUD secara menggambar dan menceritakan hasil karyanya. Tak hanya peran guru di sekolah, MPLS juga perlu peran kerja sama antara anak dan orang tua juga. Berikut peran masing-masing yang dapat diterapkan.

Peran anak dan orang tua

  1. Menyiapkan anak sebelum berangkat dengan membicarakan tentang sekolah barunya
  2. Orang tua dapat mengantar dan mendampingi anak di hari pertama sekolah. Perlu kerja sama antara orang tua dan guru pendamping sehingga anak dapat beradaptasi di lingkungan belajar yang baru dengan aman dan nyaman
  3. Sepulang sekolah, ajak anak menceritakan pengalamannya selama di sekolah

Peran guru

Para guru dapat mengenal peserta didiknya melalui kegiatan pembelajaran untuk melihat capaian siswa dari penugasan awal dan digunakan sebagai perencanaan kegiatan pembelajaran selanjutnya. (Theresia Vania Somawidjaja)
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Adblock test (Why?)


Siswa Baru Jangan Kaget, Ini Kegiatan yang Biasa Dilakukan Saat MPLS - Medcom.Id
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah - ANTARA

[unable to retrieve full-text content] Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah    ANTARA Panwasrah: PON beri d...