Rechercher dans ce blog

Minggu, 05 Maret 2023

Hitam-hitam di Leher, Daki Biasa atau Tanda Diabetes? Begini Membedakannya - detikHealth

Jakarta -

Diabetes pada anak merupakan ancaman nyata, kasusnya disebut meningkat belakangan ini. Salah satu tanda yang juga perlu diwaspadai adalah area kehitaman di leher. Bedanya apa dengan kehitaman karena daki?

Dokter anak dari RS Ukrida, dr Leonirma Tengguna, M.Sc, SpA menjelaskan, tanda diabetes berupa penebalan kulit biasanya dijumpai pada anak yang mengalami obesitas atau kegemukan. Biasanya ditemukan di area leher atau tengkuk.

"Itemnya itu beda sama item yang kotor, lebih hitam dan kelihatan kulitnya tuh lebih tebel," paparnya dalam perbincangan di program e-Life detikcom, Jumat (3/3/2023).

"Kalau kita sering lihat pasti kita tahu ini beda, bukan sekedar hitam karena kotor atau karena apa, tapi ciri khas tanda resistensi insulin tersebut," lanjutnya.

Meski demikian, ia mengingatkan bahwa tanda tersebut umumnya ditemukan hanya pada diabetes tipe 2 yang banyak dikaitkan dengan pola makan dan gaya hidup. Sedangkan pada anak, jenis diabetes lain yang kerap ditemukan adalah tipe satu.

"Tipe satu ini sebenarnya yang paling banyak pada anak. Jadi utama gejalanya adalah 3 P tadi dan berat badan yang turun tanpa sebab yang jelas," pungkasnya.

Gejala 3 P yang dimaksud dr Leonirma mencakup:

  • Polidipsia, atau sering minum
  • Polifagia, atau sering makan
  • Poliuria, atau sering kencing

Simak Video "Waspada Diabetes pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

Adblock test (Why?)


Hitam-hitam di Leher, Daki Biasa atau Tanda Diabetes? Begini Membedakannya - detikHealth
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asnawi Mangkualam soal Duelnya dengan Dimas Drajad: Sudah Biasa, tidak ada Kesengajaan - Bola.net

[unable to retrieve full-text content] Asnawi Mangkualam soal Duelnya dengan Dimas Drajad: Sudah Biasa, tidak ada Kesengajaan    Bola.net ...