Rechercher dans ce blog

Senin, 06 Maret 2023

Luar Biasa, Ternyata kandungan dan Manfaat Minyak Zaitun bagi Tubuh Sangat Besar Khasiatnya untuk Kesehatan - bandungbarat.suara.com

SuaraBandungBarat.id - Minyak zaitun telah digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai bahan makanan, obat-obatan, dan kecantikan.

Minyak yang diekstrak dari buah zaitun ini mengandung sejumlah nutrisi dan senyawa bioaktif yang berpotensi memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Berikut adalah beberapa keutamaan minyak zaitun bagi tubuh yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Kaya akan antioksidan

Baca Juga:LPSK Resmi Beri Perlindungan ke David Korban Penganiayaan Mario Dandy

Minyak zaitun mengandung senyawa fenolik yang merupakan antioksidan kuat.

Antioksidan ini dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau yang dikenal sebagai "kolesterol jahat".

Selain itu, minyak zaitun juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga:Eber Bessa dan Brwa Nouri Absen, Stefano Cugurra Siapkan Strategi Khusus Hadapi Persita

3. Menurunkan risiko kanker

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat membantu melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, usus besar, dan prostat.

Senyawa fenolik dalam minyak zaitun diketahui memiliki efek anti-kanker yang kuat.

4. Menurunkan risiko diabetes

Minyak zaitun mengandung senyawa yang disebut oleuropein yang diketahui dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah. 

Oleuropein juga dapat membantu melindungi sel beta pankreas yang memproduksi insulin dari kerusakan oksidatif.

5. Menjaga kesehatan kulit

Minyak zaitun diketahui mengandung vitamin E dan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi risiko penuaan dini. 

Minyak zaitun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki fungsi penghalang kulit.

6. Meningkatkan fungsi otak

Senyawa fenolik dalam minyak zaitun diketahui memiliki efek neuroprotektif yang dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif dan inflamasi. 

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitun dapat meningkatkan fungsi otak dan memori.

Meskipun minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun tetap disarankan untuk mengonsumsinya dengan bijak dan seimbang.

Konsumsi minyak zaitun yang berlebihan dapat meningkatkan asupan kalori dan lemak dalam diet, yang dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan dan risiko obesitas.(*)

Loading...

Adblock test (Why?)


Luar Biasa, Ternyata kandungan dan Manfaat Minyak Zaitun bagi Tubuh Sangat Besar Khasiatnya untuk Kesehatan - bandungbarat.suara.com
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asnawi Mangkualam soal Duelnya dengan Dimas Drajad: Sudah Biasa, tidak ada Kesengajaan - Bola.net

[unable to retrieve full-text content] Asnawi Mangkualam soal Duelnya dengan Dimas Drajad: Sudah Biasa, tidak ada Kesengajaan    Bola.net ...