Rechercher dans ce blog

Sabtu, 06 Januari 2024

Jokowi Makan Malam dengan Prabowo, Ganjar: Biasa Saja, Memang Sudah Berpihak - Nasional Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menanggapi ihwal beredarnya dokumentasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi tengah makan malam dengan calon presiden nomor urut 3 Prabowo Subianto. Dokumentasi itu antara lain berupa dua buah foto yang diunggah oleh akun Instagram resmi @prabowo.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengatakan, beredarnya dokumentasi makan malam itu memastikan sikap keberpihakan Jokowi dalam Pilpres 2024. "Kalau saya sih biasa saja, karena memang sudah berpihak," ucapnya saat ditemui di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Sabtu, 6 Januari 2024.

Tak cukup sampai di situ, Ganjar menyarankan Jokowi lebih baik menegaskan sikap keberpihakannya. Dia mengatakan tak masalah dengan itu, asal tak ada penyalahgunaan kewenangan sehingga pemilu tetap berlangsung jurdil. "Saya enggak masalah, itu sebuah pilihan kok," ujarnya.

Kepala negara seharusnya netral

Perihal etika kepala negara yang seharusnya netral, Ganjar mengatakan negara ini memang tengah memiliki permasalahan etika. "Kan ada yang tidak setuju dengan etika," ujar mantan anggota DPR Fraksi PDIP itu.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengunggah foto dia tengah makan malam bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi di sebuah restoran di kawasan Jakarta Pusat, melalui akun Instagram resminya, Jumat, 5 Januari 2024 malam. Prabowo mengunggah foto itu dua hari sebelum debat capres digelar pada Ahad, 7 Januari 2024.

Ketua Umum Partai Gerindra itu tak menjelaskan kesempatan atau isi pembicaraannya dengan Jokowi dalam unggahan itu. Dia hanya menuliskan keterangan singkat, "Selamat berakhir pekan". Sampai berita ini ditulis, foto itu telah disukai sebanyak 600 ribu kali.

Dalam potret sebanyak dua buah itu, Prabowo tampak mengenakan kemeja batik cokelat. Sementara itu, Jokowi mengenakan kemeja putih yang biasa dikenakannya dalam acara semiformal. Dalam foto di slide kedua, mantan Wali Kota Solo itu tampak tertawa lebar.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Jokowi dan Prabowo makan di Rumah Makan Seribu Rasa Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat, 5 Januari 2024. Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga mengonfirmasi pertemuan Prabowo dan Jokowi malam ini. "Presiden rileks sejenak mencoba masakan nusantara. Presiden didampingi Menhan Prabowo Subianto," kata Ari kepada Tempo.

Ari mengatakan pertemuan itu berlangsung selama satu jam pada pukul 19.00 sampai 20.00 WIB. Tapi ia tak mengetahui isi percakapannya. "Masakan nusantara di rumah itu enak," katanya. Koordinator Staf Khusus Presiden tidak menjawab saat ditanya seberapa sering Jokowi bertemu Prabowo jelang pilpres 2024.

Selanjutnya: Budi Arie memastikan dukungan Jokowi... 

Adblock test (Why?)


Jokowi Makan Malam dengan Prabowo, Ganjar: Biasa Saja, Memang Sudah Berpihak - Nasional Tempo
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asnawi Mangkualam soal Duelnya dengan Dimas Drajad: Sudah Biasa, tidak ada Kesengajaan - Bola.net

[unable to retrieve full-text content] Asnawi Mangkualam soal Duelnya dengan Dimas Drajad: Sudah Biasa, tidak ada Kesengajaan    Bola.net ...