Rechercher dans ce blog

Kamis, 11 Januari 2024

Pangeran Brunei Abdul Mateen Menikahi Rakyat Biasa - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Pangeran Abdul Mateen dari Brunei Darussalam melangsungkan ijab kabul hari ini, dengan tunangannya Anisha Rosnah.

Anisha Rosnah merupakan anak dari keluarga non-bangsawan. Namun, Perempuan 29 tahun itu merupakan cucu dari salah satu penasihat ayah Mateen, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mateen adalah anak ke-10 Sultan Bolkiah, ia ada di garis akhir penerus takhta Kesultanan Brunei.

Rangkaian pernikahan putra Sultan Brunei ini secara resmi sudah dimulai sejak Minggu (7/1) lalu, yang diawali dengan Khataman Al-Quran. Sementara puncak perayaan pernikahan mereka bakal digelar pada Minggu (14/1).

ADVERTISEMENT

Pernikahan Mateen dilaporkan akan digelar sangat mewah dan dihadiri tokoh penting bahkan beberapa kepala negara.

Warga Brunei pun menyambut hangat pernikahan Mateen. Banyak masyarakat yang berencana berkumpul di alun-alun dekat istana dan Masjid Omar Ali Saifuddien tempat ijab kabul digelar untuk merayakan pernikahan Mateen.

"Ini seperti dongeng," ucap seorang mahasiswa di Bandar Sri Begawan, Syahida Wafa Mohamed Shah, kepada AFP.

"Ini seperti sesuatu yang biasa ada di film-film," papar warga Brunei lainnya, Nazatul Izzati Saifulrizal.

Pangeran Abdul Mateen adalah seorang pilot helikopter untuk Angkatan Udara Brunei Darussalam. Ia seringkali dibandingkan dengan Pangeran Harry dari Inggris.

Mateen lulus sebagai kadet perwira di Akademi Militer Kerajaan Inggris Sandhurst, dan mewakili negaranya sebagai atlet dalam cabang polo di SEA Games 2019.

Dalam beberapa tahun terakhir ia mendapat sorotan dalam diplomasi internasional, karena kerap mendampingi sang ayah menghadiri berbagai pertemuan dengan pemimpin-pemimpin negara.

Pada Mei 2023 lalu, sang pangeran ikut menemani ayahnya ke penobatan Raja Charles dan Ratu Camilla, dan menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth pada 2022.

Presiden Joko Widodo disebut bakal menghadiri pernikahan Pangeran Abdul Mateen, di sela-sela kunjungan kenegaraannya ke sejumlah negara Asia Tenggara pekan ini.

"Memang kunjungan ini karena ada undangan dari Sultan Hassanal Bolkiah, untuk perkawinan anaknya Pangeran Mateen," kata Jokowi di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (9/1).

"Sehingga ini juga adalah kunjungan khusus ke Brunei Darussalam, selain juga ada pertemuan dengan pengusaha-pengusaha Brunei agar investasi di Indonesia," imbuhnya.

(rds)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)


Pangeran Brunei Abdul Mateen Menikahi Rakyat Biasa - CNN Indonesia
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

6 Juta Data NPWP Bocor Termasuk Jokowi, Pakar: Dampaknya Luar Biasa - detikInet

[unable to retrieve full-text content] 6 Juta Data NPWP Bocor Termasuk Jokowi, Pakar: Dampaknya Luar Biasa    detikInet 6 Juta Data NPWP B...