Rechercher dans ce blog

Rabu, 28 Februari 2024

Coblos Ulang di Kuala Lumpur Masuk Kategori Luar Biasa, Ini Penjelasan KPU - detikNews

Jakarta -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menilai pemungutan suara ulang (PSU) di Kuala Lumpur, Malaysia masuk ke dalam kategori luar biasa. Hal itu lantaran PSU di Kuala Lumpur digelar melebihi batas waktu 10 hari setelah pemungutan suara.

"Khusus untuk situasi yang pemungutan suara Kuala Lumpur, saya bicara batas waktunya dulu ya. Ini termasuk kategori yang luar biasa," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam konferensi pers di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (27/2/2024).

Hasyim mengatakan dalam proses digelarnya PSU, banyak hal yang harus kembali dipersiapkan. Beberapa di antaranya ialah pemutakhiran ulang daftar pemilih, persiapan logistik, hingga mengingatkan kembali para pemilih.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yang sering kemudian sering kami mendapatkan problem dan kami komunikasikan antara KPU dan Bawaslu di antaranya gini, bagaimana bila rekomendasi itu datangnya H-1 sebelum batas akhir," tutur Hasyim.

"Padahal kan ada proses mengingatkan pemilih, menyiapkan logistiknya, itu yang kami bicarakan dengan teman-teman Bawaslu," sambungnya.

Hasyim menuturkan PSU melebihi batas waktu tidak hanya pertama kali dilakukan saat ini. Namun, kata dia, dalam beberapa kasus, PSU pernah dilakukan akibat terkendala pandemi COVID-19.

Maka, dalam kasus serupa, ketentuan perundang-undangan yang mengatur waktu maksimum PSU tidak berlaku.

"Itu sudah kita bicara dengan Bawaslu, bagaimana landasan hukum yang tetap untuk melaksanakan pemungutan suara yang melampaui batas waktu tersebut karena kan mulai dari pemuktahiran data pemilih," tuturnya.

Sementara itu, PSU di Kuala Lumpur, Malaysia akan digelar dengan metode kotak suara keliling (KSK) dan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Rencananya, untuk metode KSK digelar 9 Maret 2024 dan TPS pada 10 Maret 2024.

"Jadi direncanakan nanti kita sampaikan lagi, rencananya untuk PSU kotak suara keliling di Kuala Lumpur pada hari Sabtu tanggal 9 Maret 2024, kemudian metode TPS-nya Ahad 10 Maret 2024," kata Hasyim.

(amw/jbr)

Cek Real Count KPU Pilpres Pileg 2024

Lihat hasil hitung suara nasional dan persebaran per wilayah hanya di detikpemilu.com!

Adblock test (Why?)


Coblos Ulang di Kuala Lumpur Masuk Kategori Luar Biasa, Ini Penjelasan KPU - detikNews
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah - ANTARA

[unable to retrieve full-text content] Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah    ANTARA Panwasrah: PON beri d...