Rechercher dans ce blog

Minggu, 31 Maret 2024

Berbeda dari Tidur Siang Biasa, Ternyata Ini Arti Power Nap dan Manfaatnya - beautynesia

Menjalani kehidupan yang penuh kesibukan, seringkali membuat kita sulit menemukan untuk waktu istirahat yang cukup. Aktivitas yang padat seperti bekerja, belajar, atau lainnya dapat membuat tubuh dan pikiran kita merasa lelah dan menguras energi. Namun, saat mulai merasakan kelelahan, kita sering mengabaikan kebutuhan akan istirahat yang cukup dan lebih memilih untuk terus melanjutkan aktivitas demi menyelesaikan tugas-tugas yang menumpuk.

Namun, tahukah kamu bahwa ada cara sederhana yang dapat membantu menyegarkan tubuh dan pikiran dengan cepat, tanpa menghabiskan waktu yang lama? Cara ini dikenal sebagai "power nap". Power nap menjadi semakin populer sebagai solusi untuk menangani kelelahan dan mengembalikan energi dalam waktu singkat. 

Power nap adalah istilah yang mengacu pada tidur singkat yang dilakukan dalam rentang waktu tertentu, biasanya sekitar 10 hingga 30 menit di mana ini menjadi cara bagi banyak orang yang ingin meningkatkan kewaspadaan dan produktivitas mereka tanpa harus tidur berjam-jam. Sehingga, perbedaan antara power nap dan tidur siang yang utama adalah soal waktu.

Manfaat Power Nap

Manfaat Power Nap/ Foto: freepik.com/kamranaydinov

Memperbaiki Mood: Melansir Calm, power nap dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood secara keseluruhan. Ini dapat membantu mengurangi tingkat stres dengan memberikan kesempatan bagi tubuh dan pikiran untuk rileks dan melepaskan ketegangan yang terakumulasi selama aktivitas sehari-hari. Dengan mengurangi stres, seseorang cenderung merasa lebih tenang dan damai secara emosional.

Meningkatkan Kewaspadaan dan Kinerja Mental: Melansir Sleep Foundation, power nap dapat membantu meningkatkan kewaspadaan, ketajaman mental, dan kinerja kognitif. Tidur singkat ini dapat membantu memberikan dorongan energi yang diperlukan untuk meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Ketika seseorang merasa segar dan bugar setelah tidur singkat, mereka lebih mampu untuk tetap terjaga dan fokus pada tugas-tugas yang dihadapi.

Meningkatkan Kreativitas dan Daya Ingat: Power nap bermanfaat dalam meningkatkan kreativitas dan kemampuan belajar. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam ScienceDaily menemukan bahwa tidur singkat dapat meningkatkan kemampuan kognitif, memperbaiki kinerja dalam tugas-tugas kreatif, serta membuat pikiran yang lebih jernih dan lebih mampu untuk mengingat informasi dengan lebih baik untuk disimpan dalam memori jangka panjang.

Mengurangi Kelelahan: Saat tidur, tubuh memiliki kesempatan untuk memperbarui energi yang telah terkuras selama aktivitas sehari-hari. Bahkan tidur singkat sekalipun seperti dalam power nap, dapat memberikan dorongan energi yang dibutuhkan untuk mengurangi kelelahan. Selain itu, selama power nap maka aktivitas fisik berkurang, sehingga otot-otot dapat rileks dan mendapatkan istirahat singkat.

Memperbaiki Kesehatan Jantung: Power nap dapat membantu mengatur tekanan darah, yang merupakan faktor kunci dalam kesehatan jantung. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Cardiology menunjukkan bahwa tidur siang singkat dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, yang berkontribusi pada penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Tips Mengoptimalkan Power Nap

Mengoptimalkan Power Nap/ Foto: freepik.com

  1. Pilih Waktu yang Tepat: Cobalah untuk melakukan power nap di tengah hari, ketika tingkat kantuk cenderung meningkat. Waktu terbaiknya adalah jam 12.30 - 14.00. Cari
  2. Tempat yang Nyaman: Carilah tempat yang nyaman, aman dari gangguan orang. Gunakan airplug agar bebas dari kebisingan. 
  3. Gunakan Teknik Relaksasi: Sebelum tidur, cobalah teknik relaksasi seperti meditasi atau pernapasan dalam-dalam untuk membantu tubuh rileks dan cepat tertidur.
  4. Set Alarm: Atur alarm untuk melakukan power nap selama 20 menit hingga 30 menit. Jangan sampai terlewat!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)

Adblock test (Why?)


Berbeda dari Tidur Siang Biasa, Ternyata Ini Arti Power Nap dan Manfaatnya - beautynesia
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah - ANTARA

[unable to retrieve full-text content] Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah    ANTARA Panwasrah: PON beri d...