Rechercher dans ce blog

Sabtu, 16 Maret 2024

Cara Kerja Toilet Pesawat di Ketinggian 12 Km, Ilmu yang Luar Biasa - detikTravel

Jakarta -

Beginilah cara kerja toilet pesawat saat berada di ketinggian 40.000 kaki (12,192 km). Ada ilmu pengetahuan yang luar biasa di balik penerbangan sehari-hari itu.

Menyitir CNN, Selasa (12/3/2024), apakah Anda pernah bertanya-tanya cara terhubung ke internet saat melesat di langit dengan kecepatan 500 mil per jam? Bagaimana Anda bisa menyeduh makanan dan minuman panas di ketinggian? Dan yang paling penting, bagaimana cara kerja toilet di ketinggian 40.000 kaki?

Kita sering berpikir tentang bagaimana pesawat bekerja, bagaimana mereka bisa mengudara, dan tetap berada di sana dengan aman. Yang jarang kita pikirkan adalah fungsi sehari-hari yang terjadi di dalam pesawat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Karena di sana juga ada sistem sirkulasi udara, memanaskan makanan dan minuman, bahkan menyiram toilet yang ternyata semakin biasa aktivitas tersebut, semakin sulit melakukannya di udara.

"Sangat luar biasa ketika Anda mulai menggali lebih dalam," kata Al St Germain, seorang konsultan industri penerbangan yang telah bekerja untuk berbagai maskapai penerbangan, termasuk Delta dan United.

"Dengan hampir semua hal di pesawat, Anda akan menyadari betapa banyak hal yang dilakukan dari sudut pandang teknik - bahkan hanya untuk mendapatkan makanan. Semuanya dua kali lebih sulit di pesawat dari pada di darat."

Jadi, bagaimana maskapai penerbangan menciptakan keajaiban di udara?

Menggunakan air untuk menyiram toilet pesawat tidak bisa dilakukan karena pembatasan berat pesawat. Bukan masalah besar, sebagai gantinya, pesawat menggunakan udara.

Sistem evac (evakuasi) standar menggunakan tekanan udara diferensial untuk mengosongkan mangkuk, dalam desain yang awalnya dipatenkan oleh James Kemper pada tahun 1975.

Tangki limbah, tempat segala sesuatu yang dibuang ke toilet, biasanya terletak di bagian belakang pesawat, dan ada pula di bagian depan.

Ketika Anda menekan tombol flush, sebuah katup akan terbuka di bagian bawah mangkuk toilet, yang menghubungkannya ke sebuah pipa di bawahnya. Pipa tersebut dan tangki limbah diberi tekanan, yang berarti membuka katup akan menciptakan ruang hampa udara yang menyedot apa yang ada di dalam mangkuk.

"Ini seperti penyedot debu," kata Nigel Jones, seorang ahli teknik pesawat terbang dari Kingston University di London yang juga duduk di komite akreditasi Royal Aeronautical Society di Inggris.

"Saat Anda menekan tombol, tombol tersebut akan membuka katup dan segera setelah katup terbuka, hisapannya akan menarik semuanya keluar. Kemudian katup menutup," dia menambahkan.

Efek vakum tersebut berlangsung terus menerus saat pesawat berada di udara, dan kita tidak mendengarnya sampai kita membuka katup dan menghubungkan toilet ke sistem.

Namun, saat pesawat berada di darat, tekanan diferensial tidak ada. Artinya, penyiram toilet dioperasikan oleh pompa, yang menciptakan ruang hampa udara di dalam tangki.

Saat pesawat naik ke udara, dan tekanan diferensial di dalam tangki meningkat, ruang hampa udara secara alami terbentuk dan pompa berhenti.

Lapisan teflon di toilet pesawat

Kloset toilet dilapisi dengan teflon. "Jadi tidak ada yang menempel, dan tidak perlu banyak tekanan diferensial untuk membersihkan semuanya dengan cepat," kata Jones.

Maskapai penerbangan memilih berapa banyak toilet yang mereka inginkan di dalam pesawat, dan di mana mereka menginginkannya. Jones mengatakan bahwa ada jumlah minimum per pesawat, tergantung pada ukurannya, tetapi maskapai penerbangan dapat menambahnya jika mereka mau.

Tentu saja, tangki yang sudah terisi harus dikosongkan dan di sinilah truk tanki (honey wagons) berperan. Ini adalah kendaraan layanan bandara yang mengosongkan tangki dan mengambil isinya untuk diproses di bandara.

Jamco, sebuah perusahaan Jepang yang saat ini memiliki 50% pangsa pasar toilet pesawat, telah mendobrak batas, membangun bidet di dalam pesawat untuk delapan maskapai penerbangan termasuk JAL, Al Nippon Airways, dan Oman Air.

Mereka juga yang pertama kali memperkenalkan flushes dan keran tanpa sentuh yang higienis, pada Boeing 787.

"Ada kendala dalam hal ruang, persyaratan keselamatan, dan sertifikasi yang ketat, sehingga menantang untuk memperkenalkan teknologi baru dalam interior pesawat," kata juru bicara perusahaan.

Simak Video "Menikmati Secangkir Kopi Berteman Suasana Laut Malam Hari, Batam"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)

Adblock test (Why?)


Cara Kerja Toilet Pesawat di Ketinggian 12 Km, Ilmu yang Luar Biasa - detikTravel
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Media Vietnam Lihat Ranking FIFA Timnas Indonesia: Luar Biasa, Bisa Tembus 100 Besar! - Bola.net

[unable to retrieve full-text content] Komentar Media Vietnam Lihat Ranking FIFA Timnas Indonesia: Luar Biasa, Bisa Tembus 100 Besar!    Bo...