Rechercher dans ce blog

Senin, 24 Juni 2024

Terlihat Biasa Saja, Tapi Sederet Kebiasan Ini Berdampak Buruk Pada Otak - beautynesia

Beauties tentu setuju bahwa otak memiliki peran vital dalam sistem tubuh manusia. Oleh karena itulah, kesehatan otak sangat penting untuk diperhatikan. Sayangnya, mungkin masih banyak di antara kita yang kurang menyadari hal tersebut. Misalnya saja dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat berdampak kurang baik pada otak.

Dikutip dari laman Harvard Health Publishing, Rudolph Tanzi selaku direktur Unit Penelitian Genetika dan Penuaan sekaligus co-direktur McCance Center for Brain Health di Harvard menyatakan ada empat kebiasaan utama yang memiliki pengaruh paling besar pada kesehatan otak.

Apa saja kebiasaan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Terlalu Banyak Duduk

Duduk terlalu lama/ Foto: Freepik.com/freepik
Duduk terlalu lama/ Foto: Freepik.com/freepik

Tahukah Beauties bahwa ternyata duduk terlalu lama dapat memengaruhi otak kita loh. Rata-rata orang dewasa duduk selama enam setengah jam per hari. Sebuah studi pada 2018 di PLOS One menemukan bahwa terlalu banyak duduk berkaitan dengan perubahan di bagian otak yang penting untuk memori, yaitu lobus temporal medial (MTL). Penelitian menggunakan pemindaian MRI untuk melihat MTL pada orang berusia 45-75 tahun menemukan bahwa mereka yang duduk paling lama memiliki area MTL yang lebih tipis yang bisa menjadi penanda awal penurunan kognitif dan demensia.

Untuk mengatasinya, direkomendasikan bergerak setiap 15 hingga 30 menit. Beauties bisa menggunakan bantuan pengingat di ponsel. Selama masa itu, Beauties bisa memilih melakukan aktivitas ringan seperti berjalan-jalan di sekitar, squat, jalan cepat, dan lainnya.

2. Kurang Bersosialisasi

Kurang bersosialisasi/ Foto: Freepik.com/freepik

Kesepian memiliki keterkaitan dengan depresi dan risiko alzheimer yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, kesepian juga dapat mempercepat penurunan kognitif. Sebuah studi pada Juli 2021 di The Journals of Gerontology: Series B menemukan bahwa orang yang kurang aktif secara sosial kehilangan lebih banyak materi abu-abu di otak, lapisan luar yang memproses informasi.

Untuk itu, Beauties perlu memastikan untuk tetap terhubung dan melakukan aktivitas sosial, ya. Pilihlah mereka yang membuat Beauties merasa nyaman. Keluarga dan teman terdekat bisa menjadi pilihan tepat untuk bercerita dan berbagi banyak hal.

3. Kurang Tidur

Kurang tidur/ Foto: Freepik.com/jcomp

Adakah di antara Beauties yang masih suka begadang? Menurut CDC, sepertiga orang dewasa tidak mendapatkan tidur yang cukup, yaitu 7 hingga 8 jam per malam. Terkait dengan ini, penelitian di Sleep edisi Desember 2018 menemukan bahwa keterampilan kognitif seperti memori, penalaran, dan pemecahan masalah menurun ketika orang tidur kurang dari tujuh jam per malam.

Oleh karenanya, kita perlu berusaha untuk mendapatkan tidur yang cukup. Cobalah untuk tidur lebih awal. Saat terbangun, berilah waktu untuk bersantai. Semisal dengan membaca. Perlu diingat, hindari menonton TV atau menggunakan laptop karena dapat merangsang otak.

4. Stres Kronis

Stres kronis/ Foto: Freepik.com/freepik

Banyak dari kita tentu berupaya untuk tidak stres meskipun banyak hal yang bisa mendatangkan stres. Upaya ini bisa dikatakan sebagai sesuatu yang positif, terlebih stres ternyata bisa berdampak buruk pada otak. Stres pada level kronis dapat membunuh sel-sel otak dan mengecilkan korteks prefrontal, area yang bertanggung jawab untuk memori dan pembelajaran. Oleh karenanya, cobalah mengatasi terjadinya stres kronis.

Jadilah lebih fleksibel dengan reaksi yang kita berikan. Ketika marah, coba ambil napas dalam-dalam dan ingatkan diri bahwa banyak yang yang tidak bisa kita kontrol, kita hanya bisa melakukan yang terbaik. Sementara, ada yang Maha Lebih Tahu yang terbaik untuk kita. Selain itu, coba katakan dalam hati “saya baik-baik saja pada saat ini”. Kalimat ini bisa menjinakkan ego kita dan membantu mengurangi stres yang dialami.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)

Adblock test (Why?)


Terlihat Biasa Saja, Tapi Sederet Kebiasan Ini Berdampak Buruk Pada Otak - beautynesia
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah - ANTARA

[unable to retrieve full-text content] Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah    ANTARA Panwasrah: PON beri d...