Rechercher dans ce blog

Selasa, 26 Maret 2024

BMKG Sebut Gempa Bawean Luar Biasa, Ada Patahan Misterius di Laut Jawa - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika membeberkan hasil temuannya terkait Gempa Bawean yang terjadi minggu lalu. Salah satunya adalah sesar belum terpetakan dengan kredibel.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menjelaskan kejadian gempa dengan mekanisme pergerakan geser atau mendatar itu (strike-slip fault) juga membuatnya kaget.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter, dua gempa bumi yang terjadi jenis kerak dangkal atau kita kenal shallow crust earth quake akibat aktivitas sesar aktif di dasar Laut Jawa," ujar Daryono, dikutip dari Detik.com, Senin (25/3/2024).

"Tentu saja ini sebuah kejadian luar biasa. Di mana, sesarnya belum terpetakan dengan kredibel," imbuhnya.

Gempa Bawean yang pertama, Daryono menjelaskan memiliki kekuatan M 5,9 dengan kedalaman 10 km. Kejadian pukul 11:22 WIB itu terjadi dengan episenter 574 LS-112.32 BT dan berada di laut 37 km arah barat Pulau Bawean.

Sekitar tiga setengah jam kemudian atau tepatnya 15:52 WIB gempa kedua terjadi. Kali ini kekuatannya M 6,2 dengan kedalaman 12 km dan episenter 5,92 LS - 112,35 BT. Lokasinya berada di laut 35 km arah barat Pulau Bawean.

Hingga Jumat malam lalu pukul 20:00 WIB, BMKG mencatat 64 kali aktivitas gempa dengan kekuatan antara M 2,7 hingga M 6,5.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) juga tidak membocorkan nama sesar aktif yang memicu gempa di Laut Jawa. Lembaga itu memperkirakan terdapat sesar mengarah ke relatif timur laut barat daya yang merupakan Pola Meratus.

"Sesar pada Pola Meratus ini merupakan sesar tua (Pra Tersier hingga Tersier) dan diperkirakan mengalami reaktivasi," ujar PMVMBG.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

BMKG Ungkap Petaka Besar Ini Bayangi RI Akibat Krisis Iklim


(fab/fab)

Adblock test (Why?)


BMKG Sebut Gempa Bawean Luar Biasa, Ada Patahan Misterius di Laut Jawa - CNBC Indonesia
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah - ANTARA

[unable to retrieve full-text content] Panwasrah: PON beri dampak ekonomi yang luar biasa untuk tuan rumah    ANTARA Panwasrah: PON beri d...