Rechercher dans ce blog

Kamis, 09 Mei 2024

Pepaya Ternyata Bukan Sembarang Buah, Ketahui 12 Manfaat Luar Biasa untuk Tubuh Anda - Jawa Pos - JawaPos

JawaPos.com - Buah pepaya yang juga dikenal dengan nama latinnya Carica papaya, merupakan salah satu buah tropis yang sangat terkenal akan khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan. Rasanya yang manis dan menyegarkan, menjadikannya camilan favorit banyak orang.

Lebih dari itu, pepaya kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A, C, E, K, folat, kalium, dan serat. Kandungan enzim papain di dalamnya pun memberikan manfaat tambahan untuk pencernaan.

Baca Juga: 10 Manfaat Pisang untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Optimal, Sumber Vitamin dan Mineral

Dilansir dari Pharmeasy.in, berikut beberapa manfaat utama buah pepaya yang telah teruji bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Pepaya kaya akan vitamin C, antioksidan kuat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit, serta menjaga kesehatan kulit dan sel-sel tubuh lainnya.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Enzim papain dalam pepaya membantu memecah protein dan melancarkan pencernaan. Pepaya juga kaya serat yang membantu mencegah sembelit, menjaga kesehatan usus, dan mendukung pertumbuhan 'bakteri baik' dalam pencernaan.

3. Menyehatkan Jantung

Pepaya mengandung likopen dan vitamin C, antioksidan yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Melindungi Kesehatan Mata

Pepaya mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang penting untuk kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas, dan dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (AMD).

5. Mencegah Kanker

Pepaya mengandung likopen, vitamin C, dan folat, yang memiliki sifat antikanker. Senyawa-senyawa ini dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker.

Adblock test (Why?)


Pepaya Ternyata Bukan Sembarang Buah, Ketahui 12 Manfaat Luar Biasa untuk Tubuh Anda - Jawa Pos - JawaPos
Ngelanjutin Artikel nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BPBD DKI Minta Jangan Dianggap Biasa soal Potensi Gempa Megathrust - detikNews

[unable to retrieve full-text content] BPBD DKI Minta Jangan Dianggap Biasa soal Potensi Gempa Megathrust    detikNews BPBD DKI Minta Jang...